Cara Mudah Membuat COver Facebook Profile

Cara Mudah Membuat COver Facebook Profile hanya menggunakan photoscape. So, kalau yang belum punya silakan download photoscape dahulu, Free dan memang bener bener free bukan hasil crack atau curi curi. Photoscape itu freeware. DOWNLOAD PHOTOSCAPE DI SINI. Simak saja uraiannya sebagai berikut. : 
 
Memotong Gambar Sesuai Ukuran

Adalah memotong gambar sesuai dengan ukuran yang diberikan Facebook dalam pembuatan cover timeline. Secara umum, gambaran ukuran timeline facebook (update April 2012) adalah sebagai berikut :
Gambar di atas merupakan tampilan terbaru update April 2012, dimana ukuran foto profil yang tadinya berukuran 125 x 125 px menjadi 159 x 159 px. Dan banyak sekali perubahan ukuran timeline facebook dahulu dengan sekarang.
Dalam pemotongan gambar cover ini, penulis menggunakan program Photoscape. Pengunjung bisa mengunduhnya di sini. Silahkan pembaca melakukan pemotongan gambar ini menggunakan program lain sesuai kemampuan. Yang perlu diperhatikan dalam pemotongan ini terutama adalah ukuran panjang dan lebarnya. Ukuran ini harus sesuai supaya nantinya ketika diletakkan akan terlihat serasi antara foto profil dengan ukuran cover timeline.
Langkah-langkah pemotongan ini dapat digambarkan sebagai berikut :
  • Memotong gambar dengan ukuran penuh (cover + foto profil).
  • Memotong gambar foto profil dari gambar di atas.
  • Memotong cover timeline.
Berikut langkah-langkahnya,
  1. Buka program Photoscape. Klik menu Editor > tentukan gambar yang akan dipotong.
  2. Potong gambar dengan ukuran 850 x 359 px (359 adalah ukuran lebar cover 315 + 44 ukuran foto profil) dengan cara klik Crop Freely di tab Crop. Kemudian pilih Asign Ratio/ Size > tentukan ukuran panjang (width) dan lebar (height) 850 dan 359.
  3. Ubah sesuaikan gambar sesuai keinginan dengan cara menggeser atau melebarkan. Klik tombol Crop untuk menetapkan. Ubah ukuran dengan panjang 850 dengan cara klik tombol Resize > Adjust Width > ganti dengan 850 > OK di tab Home.
  4. Simpan gambar dengan nama “Cover+Profil”. Klik tombol Save > Save As > tentukan kualitas gambar menjadi 100% > OK.
  5. Selanjutnya memotong gambar (tadi) untuk foto profil. Ulangi lagi cara pemotongan gambar (langkah 2) dengan ukuran 822 x 159 px (822 berasal dari 850 – 23 (jarak antara tepi kiri cover dengan foto profil) – 5 (celah kosong). Letakkan pemotongan di sebelah kanan bawah.
  6. Potong lagi dengan ukuran 159 x 159 px dan letakkan di sebelah kiri. Ubah ukuran gambar menjadi 180 x 180 (ukuran minimal foto profil). Simpan gambar dengan nama “Profil”.
  7. Langkah terakhir dari pemotongan adalah memotong ukuran cover dengan ukuran 850 x 315 px. Lihat cara di atas, kemudian letakkan pemotongan di bagian paling atas. Ubah ukuran lebar menjadi 399 px. Simpan dengan nama “Cover”.

Meletakkan Foto di Gambar Profil
Letakkan foto yang telah dibuat transparan sebelumnya (bagian 1) di gambar file Profil. Sehingga tampilan background dari foto akan menyesuaikan gambar cover timeline.
Menulis Nasihat di Gambar Cover
Tuliskan nasihat di gambar cover timeline. Ambillah nasihat tersebut dari Al Qur’an dan Al Hadits, atau dari para ulama yang shalih tentang Islam. Wallahu’alam.
Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam bersabda,
إِنَّ أَحْسَنَ الْحَدِيثِ كِتَابُ اللَّهِ وَأَحْسَنَ الْهَدْيِ هَدْيُ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَشَرَّ الْأُمُورِ مُحْدَثَاتُهَا (صحيح البخاري
“Sungguh sebaik baik ucapan adalah Kitabullah, dan sebaik baik petunjuk adalah petunjuk Muhammad saw, dan seburuk buruk perkara adalah perkara yang baru” (Shahih Bukhari)
أفضل الناس كل مخموم القلب صدوق اللسان ، قالوا : صدوق اللسان نعرفه فما مخموم القلب ؟ قال : التقي النقي ، لا إثم فيه و لا بغي و لا غل و لا حسد
"Sebaik-baik manusia adalah manusia yang bersih hatinya dan selalu benar atau jujur lisannya.” Kemudian mereka para sahabat berkata, mengenai jujur atau benar lisannya, kami sudah mengetahuinya, tetapi apakah yang dimaksud dengan orang yang bersih hatinya?” Beliau menjawab, “Yaitu seseorang yang bertakwa dan bersih, yang tidak terdapat dosa pada dirinya, tidak zhlim, tidak iri, dan juga tidak dengki.” [HR. Ibnu Majah 4216 dan Ibnu ‘Asakir (17/29/2). Syaikh Albani berkata, “Hadits ini memiliki sanad yang shahih dan rijal yang tsiqat (terpercaya)”. (As-Silsilah Ash-Shaihah no.948, Maktabah Asy-Syamilah-red)]
Hasilnya kurang lebih akan seperti ini,
Demikian. Semoga bermanfaat.

 
Sumber ASLI Artikel:
http:// wikarso. blogspot. com

Artikel Terkait

Seorang Blogger yang senang berbagi, bercerita, menyejarah melalui tulisan. Follow G + ku ya di sini.

Sharekan bagaimana pandanganmu sendiri mengenai artikel di atas..
EmoticonEmoticon