Kemana Uang Sebaiknya DIsedekahkan?

Kemana Uang Sebaiknya DIsedekahkan - Kadang, aku heran.. ramai orang orang rajin membangun masjid. sampai amat sangat megah. Namun, 'keliru' dia menaruh investasi uang tersebut sebab mesjid megah, namun sepi jamaah.

Kalau itung-itungan prioritas. Hari ini banyak ma'had yang banyak tholabul 'ilm dari seluruh pelosok negeri. Apa itu ma'had Aly atau 'sekedar' madrasah penghafal qur'an. Invest aja di situ.

Karena, lipatan pahala lebih keren kalau dia terus termultiplikasi barokahnya secara terus menerus.

Sang pelajar balik ke desanya, balik ke kampunya. Dia ajarkan satu bacaaan qur'an. Kita dapat earning pahalanya. Dia memurojaah hafalannya, tiap huruf kita dapat earningnya.


Imam Al-Ghazali berkata: “Ia harus mencari orang yang tepat untuk mendapatkan sedekahnya. Misalnya para ahli ilmu. Sebab hal itu merupakan bantuan baginya untuk (mempelajari) ilmunya. Ilmu adalah jenis ibadah yang paling mulia, jika niatnya benar.

Ibnu Al-Mubarak senantiasa mengkhususkan kebaikan (pemberiannya) bagi para ahli ilmu. Ketika dikatakan kepada beliau, ‘Mengapa tidak eng-kau berikan pada orang secara umum? ‘Beliau menjawab, ‘Sesungguhnya aku tidak mengetahui suatu kedudukan setelah kenabian yang lebih utama daripada kedudukan para ulama.

Jika hati para ulama itu sibuk mencari kebutuhan (hidupnya), niscaya ia tidak bisa memberi perhatian sepenuhnya kepada ilmu, serta tidak akan bisa belajar (dengan baik). Karena itu, membuat mereka bisa memperlajari ilmu secara sepenuhnya adalah lebih utama’.Dinukil dari Tafisr Al-Qasimi, 3/250.

Artikel Terkait

Seorang Blogger yang senang berbagi, bercerita, menyejarah melalui tulisan. Follow G + ku ya di sini.

Sharekan bagaimana pandanganmu sendiri mengenai artikel di atas..
EmoticonEmoticon