Jangan Jadi Pembeli yang Nyebelin

PEMBELI WAJIB BACA


1. Price Police

Quote:
Yang satu ini rasanya tidak perlu dibahas.. hampir semua seller pasti kesal dengan kata "lapak sebelah cuma segini", "di mall cuma segini", "si anu jualnya lebih murah dari agan", dsb.. Kalo sebelah lebih murah, kenapa ngotot pengen beli dimari sih?

Solusi: biasanya yang price police itu, sebenarnya ingin nawar supaya dapatnya lebih murah/ gak niat beli dan cuma ingin menjatuhkan.. jadi gak usah di gubris..
2. Afgan Feat Rossa
Quote:
Yang ini, tujuannya kurang lebih sama seperti nomor 1.. tapi yang ini pakai lagunya afgan.. "sadis"..

Solusi: gak usah dipikirkan.. kalo logika sehat, nawar gak mungkin jauh dari harga awal.. *kecuali seller gak tau diri, jual sempak bekas 10juta
3. Cek Harga
Quote:
Yang ini gak kalah mengganggu seller.. tanya semua best price, ujung-ujungnya "oh makasih gan.. cuma cek harga"

Solusi: bilang aja semua udah harga pas.. seller buka harga juga yang pas aja.. capekkan kalo dinaikin tinggi-tinggi tiap orang meski tawar...
4. Olahragawan
Quote:
"Net-nya berapa gan?" hehe.. gak asing kan rasanya?

Solusi: "mau net voli, bultang, atau tennis?"
5. Call & Run
Quote:
"mana nih TS-nya?" jelas-jelas ada contact person.. terus udah sms "bos, ada barang ini gak?" di jawab "ada gan, mau warna apa?", lalu gak ada jawaban lagi..

Solusi: yasudah, gak usah dipikirkan..

6. Deal & Run

Quote:
ini kurang lebih mirip dengan call & run.. tapi ini lebih bikin geram.. misalkan agan jual barang udah deal, terus dia bilang "nanti saya transfer" agan tunggu berbulan-bulan juga gak di transfer..

Solusi: tagih janjinya, "udah transfer belum gan? lupa ya?", kalo gak dibales dan telp gak diangkat, blacklist dari daftar buyer aja..
7. COD & Run
Quote:
kalo yang diatas bikin keki, ini lebih bikin pengen jedotin kepala ke aspal dan trotoar (dan helm polisi) coba bayangin COD jam 11, terus calon buyer bilang lagi OTW(on the way/ Lagi jalan) udah 3 jam belum nyampe.. di sms lagi, jawabnya, "sorry gan, tiba-tiba keluarga saya bla bla bla.."

Solusi: janjian jam yang sudah ditetapkan agan datang duluan, dalam jangka waktu 30 menit- 1 jam, kalo gak datang, tinggal aja.. meski pun dia bilang ini lagi jalan, agan balas aja"sorry bro, jam sekian saya ada urusan lagi"

8. Pemaksa

Quote:
ini untuk seller-seller yang waktunya sedikit kayak ane.. "GAK MELAYANI COD" waktu kita sangat terbatas.. kalo COD sekali, pesanan orang bisa delay sampai besok.. tapi buyer tetap maksa, "kalo gak saya samperin bos aja" <- ini nih bikin gak demen juga.. setelah sampai, produk kita di acak-acak, di tes satu persatu, di bongkar pasang dusnya.. belinya 1 atau 2 akhirnya.. tapi waktu layanin mereka bisa 30menit sampai 1jam lebih..

Solusi: kalo yang maksa begini, gak usah di ladenin.. kalo agan seller nekat dan rakus uang, gak apa.. tapi ujungnya kita rugi waktu, stamina, dan barang-barang kita dah gak perawan semua di tes-tesin..
9. Maniak Resi
Quote:
"bos, mana resinya?" sebenarnya wajar kalo pembeli minta resi, tapi kadang ada situasi dimana seller lagi sibuk, contohnya barang dikirim jumat, sabtunya seller libur dan jalan-jalan keluarga, resi di tempat kerja.. Sms masuk, "bos, mana resinya?" jawab, "nanti ya lagi diluar", dibales, "wah kalo gak ada resi, bos nipu ya?" <-buset banget dah.. bikin liburan keluarga jadi bete.. pesan untuk buyer: kalo seller lagi sibuk, ditunggu aja sesuai waktu yang dijanjikan.. misalnya jakarta to jakarta, 1-3 hari kerja.. ditunggu aja..

Solusi: biarkan sajalah.. yang ini memang obatnya jarang.. ada yang mau bantu boleh.. TS selalu kewalahan dengan yang ini..
10. Pay and Cashback
Quote:
yang ini mungkin sebagian jarang ngalamin.. tapi cukup bikin kesal.. terutama untuk pembelian elektronik yang jumlahnya 1 contoh: barang second.. jadi buyer udah transfer, baik langsung maupun rekber.. terus agan seller udah tulis sold out di thread, dan saat mau kirim, buyer bilang batal dan pengen duitnya balik..

Solusi: blacklist dari daftar buyer.. iklas aja.. buka kembali lapak di thread.. *oleh sebab itu, jangan buru-buru ctrl+a dan <-backspace dan tulis sold out terus save.. mending harganya aja yang ditulis sold out.. kalo gak, saat buyer batal, agan seller harus bikin thread dari awal lagi..
UPDATE
11. Camera HP Mania
Quote:
ini masuk kategori buyer yang aneh.. kalo gak ada foto, minta foto barangnya=wajar.. tapi seller foto barang pake kamera SLR dan kadang pake light tend, eh, buyer minta "foto asli" <- maksudnya? foto asli=foto dari kamera HP.. buat apa coba kita capek-capek pake SLR? kalo ada cacat, kan SLR lebih keliatan.. bukannya kalo ada gores, pake HP malah blur dan gak keliatan?

Solusi: "Yang difoto itu asli, dan memang begitu aslinya.." tapi biasanya sih tetap ngotot minta foto dari kamera hp..
sumber : kaskus.us

Artikel Terkait

Seorang Blogger yang senang berbagi, bercerita, menyejarah melalui tulisan. Follow G + ku ya di sini.

Sharekan bagaimana pandanganmu sendiri mengenai artikel di atas..
EmoticonEmoticon