Tips Mengelola Bisnis Keluarga Agar Lebih Maju

Aku nemu Tips Mengelola Bisnis Keluarga Agar Lebih Maju di kaskus, semoga menginspirasi:

Original Posted By wedus88 ►
Gan,,
Ane mohon sarannya agan2 yg udh sukses donk,,
Begini saya baru lulus kuliah,,bapak saya punya usaha kecil-kecilan yaitu jasa pembuatan pagar,tangga,kanopi dll,,pkoknya smua yg buat pake besi n stainlesssteel,,saya nyari krja blm dpat2,,nah kemarin saya baru kpikiran kanapa saya ga coba ngembangin usaha kecil bapak saya,,
Jujur ajah bapak saya org yg ga prnah mndpatkan prndidikan tinggi jadi sistem usahanya kalau da pesanan pagar/tangga d kerjakan,selesai dan d bayar,,namun bapak saya ga manggunakan sistem manajemen,,makanya usaha bapak saya walaupun smpe sekarang masi jalan tetapi tidak mengalami kemajuan,,(jalan ditempat aja),,

Saya berencana mau majuin usaha ini,,jujur saya sbnerna tidak begitu ngrti ttg bidang ni,,langkah awal apa yg harus saya lakukan,,dan sistem manajemen pa yg bagus untuk d terapkan kdalam bisnis sperti ini,,,

Makasi bnyak gann
Mohon bantuan nya gan,,


Usaha Keluarga memang ada enaknya dan ada tidak enaknya.
Enaknya, Agan tidak usah merintis usaha lagi, konsumen sudah ada, tempat sudah ada, karyawan sudah ada dan peralatan pun sudah ada.

Anda tinggal terusin.

Ga enaknya kadang cuma satu, yang sudah duluan merintis biasanya ogah usahanya diotak atik yang muda. hihihihi, kadang apa yang pandang baik belum tentu dipandangan mereka.
Sikap senioritas sangat kental pada usaha keluarga. Hal itu bisa menjadikan halangan suatu usaha untuk maju.

SAtu2nya cara adalah memang dibikin perjanjian, entah tertulis atau tidak, bahwa anda adalah pengelola secara full perusahaan keluarga anda. Karena untuk menghindari 'heterolitas' pimpinan dalam suatu perusahaan.

Nah, kalau sudah ada perjanjian bahwa anda memegang penuh kekuasaan perusahaan anda, anda berarti sudah menempuh separuh jalan.

Separuhnya lagi:
Untuk bengkel las yang utama adalah tempat.Pikirkan pengembangan tempat, maksudnya apakah kurang luas, kurang besar, kurang strategis, dsb. Ruang yang luas itu mendukung usaha anda untuk maju. Kedua contoh buatan atau hasil karyanya, terutama yang besar dan bisa dipajang.Ketiga mempunyai banyak karyawan (anda bisa kerja sama dg STM atau sekolah kejuruan untuk praktek kerja di bengkel anda) yang sibuk dan tidak terlihat menganggur. Keempat bagaimana cara menarik orang menjadi konsumen (misalnya ini bisa dengan promosi selama 1 tahun, hihihi, untuk menarik konsumen).

Secara orang awam, ada tahapan2 yang dilalui sebelum menjadi konsumen anda:
1. Orang biasa lewat depan bengkel anda, lalu melihat bengkel anda "garapannya" banyak, sibuk dan ramai, maka ia berpikir wah bengkel ini ramai ya, pasti dipercaya banyak org, maka ia berpikir lagi "suatu hari aku akan memesan...... dibengkel ini"

2. Orang mendengar referensi orang lain mengenai bengkel anda yang "murah, bagus pengerjaannya dan tidak menipu", lalu ia mencoba mejadi konsumen anda.

3. Orang biasa melihat tetangganya "dikerjain" oleh bengkel anda, dia tahu kalau yang mengerjakan adalah bengkel anda karena "mobil" yang tertera nama bengkel anda dan nomor telepon bengkel anda diparkir didepan rumahnya, dan hasilnya pun bagus. Bahkan selama proses pengerjaan di rumah tetangganya terpampang tulisan spanduk besar "DIKERJAKAN OLEH BENGKEL ANU, TELP SEKIYAN SEKIYAN" milik bengkel anda.

4. dan seterusnya...... pikirkan sendiri.

terakhir modal, Agan bisa cari modal dengan pinjaman2, misalnya bank, KUR, ataupun kredit2 lainnya.
Kalau butuh jaminan hutang, ya anda perlu bincangkan lagi dengan senior anda (ortu) hehehehehe.

Semoga membantu wedus 88

sumber: DISKUSI BISNIS KELUARGA DI KASKUS

Artikel Terkait

Sharekan bagaimana pandanganmu sendiri mengenai artikel di atas..
EmoticonEmoticon