Tanadi Santoso - Kapan waktu tepat memulai Bisnis?

Diseberang jalan sana akan ada kompetitor baru yang menjual barang yang sama dengan anda dengan harga lebih murah; Idea cemerlang anda telah ditiru orang lain; Orang2 tidak lagi mau membeli produk anda karena tertinggal jaman; Teknologi baru telah membuat pekerjaan anda tidak berguna lagi; dan seterusnya.

Itulah kehidupan dan bisnis. Apa yang membuat kita sukses dahulu tidak lagi membuat kita sukses sekarang. Teknologi berubah, pelanggan berubah, trend berubah, jaman berubah. Buat yang pernah sukses, sering kita tertawan oleh kenyamanan dan tidak lagi mempunyai daya juang seperti dulu ketika masih baru memulai bisnis. Ketika kerja 14 jam sehari adalah sebuah kenormalan belaka.

“Starting”, atau “Memulai”, bukanlah sekedar melakukan sesuatu, tetapi melakukan sesuatu yang baru, yang belum pernah kita lakukan, yang beresiko gagal. Dan kita melakukannya dengan penuh semangat, dengan optimisme dan dengan rasa tanggung jawab. Mengawali satu lagi arus baru kehidupan, untuk tidak terlena oleh diri kita sendiri.

Memperbaiki sedikit dari apa yang sudah selalu kita lakukan tidak akan memberi lompatan solusi pada bisnis kita. Perbaikan perlu, tapi “breakthrough” atau terobosan adalah mutlak, bila kita ingin tetap pada garda depan persaingan bisnis yang semakin berat ini.

Kegagalan adalah sebuah lencana, tanda penghargaan karena kita telah mencoba dan membuktikan sesuatu yang tidak bisa. Kita harus hemat pada “sumber daya” kita, tetapi kita tetap harus berani mencoba, dan berani gagal. Dan mencoba lagi. Dan gagal lagi. Dan mencoba lagi. Pekerjaan, idea baru, bisnis baru, cinta, ataupun persahabatan, semuanya rentan kegagalan, tetapi tetap layak kita mulai lagi dan perjuangkan.
Starbucks dimulai dari toko jual biji kopi saja tanpa jual minuman kopi jadi; Viagra diawali sebagai obat jantung; Nokia menjual kertas; begitu banyak sukses diawali dengan sesutu yang sangat berbeda dengan hasil akhirnya. Tapi semuanya mempunyai kesamaan. Semuanya diawali dengan seseorang memulai sesuatu yang baru.

Ketika kita memulai sesuatu, tidak pasti itu akan sukses, dan sangat mungkin hasilnya beda dengan cita2 awal kita, tetapi yang pasti, kita telah memberanikan diri menuju kemungkinan sukses. Kita telah berani melalukan lagi, sesuatu yang baru, sesuatu yang beda.

Kapan kita memulai sesuatu yang baru? Saat terbaik adalah dulu, entah setahun lalu, atau lima tahun lalu. Atau segera, yang bisa berarti minggu depan, tahun depan, atau tidak pernah terlaksana sama sekali, seperti banyak rencana kita yang hangus sebelum dimulai. Sekarang adalah yang terbaik, hari ini, saat ini, sekarang. Selamat memulai.

*Tanadi Santoso

Artikel Terkait

Seorang Blogger yang senang berbagi, bercerita, menyejarah melalui tulisan. Follow G + ku ya di sini.

Sharekan bagaimana pandanganmu sendiri mengenai artikel di atas..
EmoticonEmoticon