Tanggal Revisi Terakhir: 17.12.12
Ketentuan Halaman Facebook
Ketentuan berikut, serta Kebijakan Penggunaan Data dan Pertanyaan Hak dan Tanggung Jawab, berlaku untuk semua Halaman di Facebook. Selain itu, semua konten dalam Halaman harus mematuhi Standar Komunitas kami.
I. Umum
A. Hanya wakil resmi yang boleh mengurus Halaman untuk suatu merek, entitas (tempat atau organisasi), atau tokoh masyarakat.
B. Setiap pengguna boleh membuat Halaman untuk menunjukkan dukungan
bagi atau minat terhadap suatu merek, entitas (tempat atau organisasi),
atau tokoh masyarakat, asalkan tidak membuat orang salah mengira sebagai
Halaman resmi atau melanggar hak orang lain.
C. Konten yang dikirim ke Halaman bersifat publik dan dapat dilihat oleh semua orang yang dapat melihat Halaman itu.
D. Anda diwajibkan membatasi akses ke Halaman (melalui fungsi
gerbang kami) sebagaimana perlu untuk mematuhi peraturan perundangan dan
kebijakan Facebook yang berlaku, termasuk Panduan Beriklan dan Standar Komunitas.
E. Anda tidak boleh menetapkan ketentuan untuk Halaman Anda yang bertentangan dengan Pernyataan Hak dan Tanggung Jawab, Kebijakan Penggunaan Data, atau ketentuan ini.
II. Pengelolaan Halaman
A. Nama Halaman dan Alamat Web Facebook
Nama Halaman dan Alamat Web Facebook harus mencerminkan isi Halaman
secara akurat. Kami dapat menghapus hak pengurus atau mengharuskan Anda
mengubah nama Halaman dan Alamat Web Facebook untuk Halaman mana pun
yang tidak memenuhi persyaratan ini.
Nama Halaman harus:
i. tidak semata-mata terdiri atas istilah generik (mis. “bir” atau “piza”);
ii. menggunakan huruf besar yang benar dan sesuai dengan aturan tata
bahasa, dan tidak boleh menyertakan kata berhuruf besar semua, kecuali
akronim;
iii. tidak menyertakan simbol karakter, seperti tanda baca berlebihan dan penunjuk merek dagang; dan
iv. tidak menyertakan deskripsi yang berlebihan atau kata penggolong yang tidak penting.
B. Perubahan Nama dan Migrasi
Kami hanya akan memproses perubahan nama dan migrasi yang tidak
mengakibatkan koneksi yang menyesatkan atau tak diniatkan. Misalnya,
kami memperbolehkan migrasi lokal ke global, misalnya “Facebook Prancis”
ke “Facebook”, tetapi tidak memperbolehkan migrasi global ke lokal,
atau migrasi lokasi ke lokasi, seperti “Facebook Prancis” ke “Facebook
Rusia”. Selain itu, Anda tidak boleh meminta perubahan nama atau migrasi
yang mengakibatkan perubahan kategori Halaman produk ke Halaman merek,
Halaman generik atau pendapat ke Halaman merek, atau Grup ke Halaman.
Semua migrasi mematuhi pertimbangan kami dan bersifat final.
C. Pengumpulan Data
Jika Anda mengumpulkan konten dan informasi langsung dan pengguna, Anda
harus menjelaskan bahwa Anda (bukan Facebook) yang mengumpulkannya, dan
Anda akan memberi pemberitahuan tentang dan memperoleh persetujuan
pengguna untuk penggunaan Anda atas konten dan informasi yang Anda
kumpulkan. Bagaimanapun cara Anda memperoleh konten dan informasi dari
pengguna, Anda bertanggung jawab untuk memperoleh semua izin yang
diperlukan untuk menggunakan kembali konten dan informasi mereka.
Anda tidak akan mengumpulkan konten atau informasi pengguna, atau
mengakses Facebook dengan cara lain, menggunakan sarana otomatis
(seperti bot pemanen, robot, spider, atau scraper) tanpa izin kami.
Data apa pun yang Anda peroleh dari kami harus mematuhi Bagian II dalam Kebijakan Platform Facebook.
III. Fitur Halaman
A. Iklan di Halaman
Iklan dan konten komersial (termasuk isi kiriman Halaman) tunduk pada Pedoman Periklanan.
Pihak ketiga dilarang beriklan di Halaman.
B. Sampul
Semua sampul bersifat publik Ini berarti siapa pun yang mengunjungi
Halaman Anda akan dapat melihat sampul Anda. Sampul tidak boleh menipu,
menyesatkan, atau melanggar hak cipta orang lain. Anda tidak boleh
mendorong orang mengunggah sampul Anda ke kronologi pribadi mereka.
Sampul tidak boleh mencantumkan:
i. gambar dengan teks lebih dari 20%;
ii. informasi harga atau pembelian, seperti "diskon 40%" atau "Unduh lagu di musiksosial.com";
iii. informasi kontak seperti alamat situs web, email, alamat surat,
atau informasi yang semestinya dicantumkan di bagian "Tentang" di
Halaman Anda;
iv. sebutan tentang fitur atau tindakan Facebook, seperti "Suka"
atau "Bagikan" atau panah yang menunjuk dari foto sampul ke fitur ini;
atau
v. ajakan bertindak, seperti "Dapatkan sekarang" atau "Beri tahu teman."
C. Aplikasi pada Halaman
Aplikasi di Halaman Anda harus mematuhi Kebijakan Platform Facebook.
D. Tawaran
Facebook belum tentu tempat yang sesuai untuk setiap jenis tawaran, dan
Anda semata bertanggung jawab untuk menentukan apakah Facebook adalah
forum yang tepat untuk tawaran Anda. Jika Anda membuat tawaran
menggunakan alat pembuatan tawaran Facebook, kebijakan berikut ini
berlaku:
i.
Anda hanya boleh menjalankan tawaran jika Anda adalah pedagang untuk
atau produsen dari produk atau layanan yang Anda promosikan.
ii. Anda bertanggung jawab untuk memastikan bahwa tawaran Anda mematuhi
ketentuan ini dan semua undang-undang, peraturan, dan aturan yang
berlaku. Tawaran tunduk pada banyak peraturan (seperti diskon alkohol
dan tawaran yang dipasarkan kepada anak di bawah umur) dan jika Anda
tidak tahu pasti apakah tawaran Anda mematuhi peraturan perundangan yang
berlaku, konsultasikanlah dengan pakar hukum.
iii. Jika ada batasan pada tawaran Anda (seperti tanggal kedaluwarsa
atau batas penebusan), Anda harus mengungkapkan batasan ini kepada
pengguna dalam bagian syarat dan ketentuan tawaran itu.
iv. Anda semata bertanggung jawab atas penebusan yang tidak benar,
penipuan, dan masalah lain yang muncul dari distribusi dan/atau
penebusan tawaran Anda.
v. Jika tawaran Anda boleh ditebus di pedagang yang tidak
dioperasikan oleh Anda, Anda bertanggung jawab sepenuhnya untuk
berkomunikasi dengan pedagang yang berpartisipasi.
vi. Anda tidak boleh menggunakan pembuat tawaran Facebook untuk
menawarkan hal yang setara dengan kartu hadiah, voucher, atau kartu
nilai tersimpan.
Jika Anda menggunakan Facebook untuk menyampaikan informasi tentang
atau mengadakan promosi (seperti lomba atau undian), Anda bertanggung
jawab atas legalitas pengoperasian promosi itu, termasuk peraturan
resmi, ketentuan tawaran, dan syarat kesertaan (mis. batasan usia dan
tempat tinggal), dan kepatuhan pada peraturan yang mengatur promosi dan
semua hadiah yang ditawarkan sehubungan dengan promosi itu (mis.
pendaftaran dan memperoleh persetujuan legal yang diperlukan).
Perhatikan bahwa kepatuhan pada pedoman ini tidak otomatis berarti suatu
promosi itu legal. Promosi tunduk pada banyak peraturan dan jika Anda
tidak tahu pasti apakah tawaran Anda mematuhi peraturan perundangan yang
berlaku, konsultasikanlah dengan pakar hukum.
i. Promosi di Facebook harus dikelola dalam Aplikasi di Facebook.com, di Halaman Kanvas atau Aplikasi Halaman.
ii. Promosi di Facebook harus mencantumkan hal-hal berikut:
a. Pernyataan lengkap yang membebaskan keterkaitan Facebook oleh setiap peserta atau partisipan.
b. Pernyataan bahwa promosi ini sama sekali tidak disponsori, didukung, atau dikelola, atau berhubungan dengan Facebook
c. Pernyataan bahwa peserta memberikan informasi kepada [penerima pengungkapan informasi] dan bukan kepada Facebook.
iii. Anda tidak boleh menetapkan syarat pendaftaran atau partisipasi
berupa pengguna harus menggunakan fitur atau fungsi Facebook selain
menyukai Halaman, mendaftar masuk ke Tempat, atau tersambung ke aplikasi
Anda Misalnya, Anda tidak boleh menetapkan syarat pendaftaran atau
partisipasi berupa pengguna harus menyukai suatu pesan Dinding, atau
mengomentari atau mengunggah suatu foto di Dinding.
iv. Anda tidak boleh menggunakan fitur atau fungsi Facebook sebagai
mekanisme untuk mengikuti atau mendaftar dalam suatu promosi. Misalnya,
tindakan menyukai Halaman atau mendaftar masuk ke suatu Tempat tidak
boleh digunakan untuk secara otomatis mendaftarkan atau mengikutkan
peserta promosi.
v. Anda tidak boleh menggunakan fitur atau fungsi Facebook, seperti
tombol Suka, sebagai mekanisme pemungutan suara untuk promosi.
vi. Anda tidak boleh memberi tahu pemenang melalui Facebook, seperti
melalui pesan Facebook, obrolan, atau kiriman di profil (kronologi)
atau Halaman.
vii. Definisi:
a. "Administrasi" adalah pengoperasian semua unsur promosi, seperti
mengumpulkan entri, melakukan pengundian, menilai entri, atau memberi
tahu pemenang.
b. "Komunikasi" adalah mempromosikan, mengiklankan, atau menyebut
promosi dengan cara apa pun di Facebook, misalnya, dalam iklan, di
halaman, atau di pesan Dinding.
Kami memegang hak untuk menolak atau menghapus Halaman dengan alasan apa pun. Ketentuan ini dapat berubah sewaktu-waktu. Sumber: http://id-id.facebook.com/page_guidelines.php
Sharekan bagaimana pandanganmu sendiri mengenai artikel di atas..
EmoticonEmoticon