Cara Murah Wisata ke Lombok

AKu terpaksa harus Kopas Informasi yang ada di blog ini. tentang cara merencakan jalan jalan ke lombok.

Ketika mendengar tentang travelling ke lombok, bagi sebagian besar orang (termasuk saya pada awalnya) akan langsung berfikir betapa mahal biaya yang harus dikeluarkan. Tahun lalu, bersama teman saya dari belgia, dengan penuh kenekatan, kami melakukan perjalanan konyol ke bali dan lombok untuk pertama kalinya. Teman saya, fatima, awalnya tidak berani melakukan perjalanan sendirian dan mengajak saya. Tapi saya sepakat asalkan kami travelling ala gembel alias backpacking (walaupun 60% biaya perjalanan saya pun ditanggung olehnya). Awalnya deg-degan juga karena ini backpacking pertama saya ke luar pulau jawa. Setelah melakukan research dari internet, menyusun itinerary perjalanan, dan berdiskusi alot dengan fatima, kami pun berangkat. 
Pada perjalanan pertama kali ini, saya menargetkan untuk tidak menghabiskan lebih dari 1juta di 2 tempat (Bali dan Lombok). Selain karena saya orangnya woles kalau diajakin makan di cafe, juga karena saya tetap gila kalau belanja hehe.. Dan ternyata, alhamdulillah, saya bisa menghabiskan kurang dari 800rb di dua tempat tersebut (nominalnya dirahasiakan karena sebagian besar disponsori fatima :P). Lalu pada bulan juli tahun ini, saya kembali mengunjungi lombok tapi dengan destinasi yang berbeda. Jika di tahun sebelumnya saya menyambangi pantai-pantai seperti senggigi, kuta, malimbu, dan gili trawangan, kali ini saya hiking ke gunung rinjani (walaupun pada akhirnya juga mampir ke senggigi sih). Pada perjalanan kedua, saya juga menghabiskan dana hanya 500rb (saya lupa bawa dompet dan kartu ATM malah).
BAGAIMANA BISA? TINGGAL DIMANA? NAIK APA? MAKAN APA? ITU KEMANA AJA? adalah pertanyaan yang biasa teman-teman saya lontarkan jika mendengar cerita saya. Intinya, selama kamu pengen SUSAH, pengen BERJUANG, dan udah NIAT backpacking, kamu pasti BISA TANGGUH nge-gembel di lombok :)
Saya start dari malang. Pilihan transportasi banyak. Pada perjalanan yang pertama, saya memulai dengan menuju denpasar menggunakan bus ekonomi dari malang sekitar 60rb rupiah yang berangkat pukul 19.00 WIB (udah termasuk makan + biaya tiket ferry penyebrangan banyuwangi ketapang - bali gilimanuk). Perjalanan hingga ke denpasar biasanya ditempuh hingga 10jam. Dari denpasar bisa mencari bus yang ke pelabuhan padang bai untuk menyebrang ke lombok. Tarif busnya sekitar 30rb rupiah. Pada perjalanan kedua, saya menggunakan kereta api dari stasiun malang kota ke stasiun ketapang banyuwangi. Harga tiket kereta bahkan lebih murah, hanya 18.500rupiah. Dari stasiun ketapang, kita hanya perlu berjalan sekitar 10 menit menuju pelabuhan ketapang. Di sekitar pelabuhan akan ada banyak bus yang menuju denpasar. Tarifnya sekitar 20rb rupiah. Atau bisa juga jika kita beruntung atau mau menunggu agak lama, kita bisa mendapatkan bus yang juga langsung menuju pelabuhan padang bai. Seperti yang saya alami di perjalanan yang kedua tersebut, kami menumpangi bus damri yang tujuan akhirnya adalah lombok. Tarif ke pelabuhan padang bai adalah 55rb rupiah. Tapi yang kayak gini untung-untungan sih hehe. Lama perjalanan juga bisa lebih cepat dibandingkan dengan naik bus. Kereta api berangkat dari malang pukul 14.30 WIB dan akan tiba di banyuwangi pada pukul 23.00 WIB. Penyebrangan dari bali ke lombok berlangsung mulai dari jam 8 pagi hingga jam 8 malam di setiap jamnya. Tiket ferry penyebrangan yang memakan waktu sekitar 5 jam ini harganya 36rb rupiah. 
Sesampainya di lombok lalu kita mau kemana? tinggal dimana? naik apa? Tenang, tapi tetap hati-hati jangan sampe tertipu dengan penduduk lokal yang menawarkan kendaraan dengan harga mahal. Pada perjalanan pertama, destinasi saya dan fatima adalah senggigi. Dari pelabuhan lembar lombok, kita bisa naik bus ke terminal bertais di mataram sekitar 10rb rupiah. Kalo mau naik ojek sekitar 20rb rupiah (menurut saya itu masih tergolong murah karena perjalanan memang jauh). Dari terminal bertais kita bisa naik angkutan umum (kayak angkot gitu) ke Ampenan sekitar 3rb rupiah dan dari Ampenan naik angkutan umum lagi ke senggigi sekitar 20menit sekitar 3rb rupiah. Kalo mau ke rinjani gimana caranya? karena kemaren saya datang rombongan dengan 5 orang anak buah saya haha, kami mencarter mobil langsung dari pelabuhan lembar ke aikmal, tempat istirahat kami di hari pertama sebelum menuju sembalun. Untuk mencarter mobil tersebut (kalo ga salah ingat ya soalnya itinerarynya ilang) per orang bayar 25rban gitu. Dari aikmal kita juga mencarter pick-up menuju sembalun tarifnya sekitar 10rb rupiah per orang.
Waktu di senggigi, saya dan fatima menginap di Hotel Elen. Lokasi hotel yang dekat dengan pintu masuk pantai senggigi membuat saya mem-favoritkan hotel ini. Selain itu, hotel yang harganya 50rb/person/night ini bersampingan dengan rumah makan padang dan pangkalan ojek tempat saya membeli makan untuk sehari-hari hehe.. Katanya agak lebih ke barat, berhadapan dengan Art Market Senggigi ada Bunga Homestay harganya 35rb/person/night. Selama disana, saya dan fatima menyewa motor 50rb/24hours untuk berkeliling misalnya ke mataram, ke malimbu, dan ke pantai kuta di lombok timur. Pantai-pantai disana ga perlu tiket masuk untuk bisa dinikmati keindahannya :). Paling cuma bayar parkir doang hehe.. Jika ingin menuju gili trawangan, dari senggigi, saya dan fatima naik motor ke pelabuhan bangsal sekitar 15menit. Dari pelabuhan bangsal cukup dengan 10rb rupiah kita bisa nyebrang ke gili trawangan. Penyebrangan dimulai dari pukul 08.00 WITA pagi hingga penyebrangan terakhir (dari gili trawangan) adalah pukul 16.00 WITA. 
Coba buat itinerary kamu untuk travelling ke lombok dan calculate it :) 3 hari cukup kok untuk menikmati pantai-pantai tersebut. Walau masih banyak pantai-pantai dan destinasi spektakuler lainnya di pulau lombok.  Sebelum ke lombok, bisa nih dipertimbangkan advise dari saya hehe..
1. Jangan lewatkan sunrise di pantai senggigi. Walaupun tidak begitu indah, tapi rasanya syahdu banget dan NGANGENIN!!
2. Sunset ter-sempurna adalah dari pantai malimbu. JANGAN SAMPAI KALIAN MELEWATKAN SUNSET YANG MAHA ROMANTIS DENGAN PEMANDANGAN PANTAI MENAKJUBKAN DISANA!
3. Di dekat pantai kuta ada tanjung aan :) semoga berkesempatan kesana, karena saya belum sempat kesana hehe
4. Buat pencinta flea market, silahkeun jelajahi kota mataram karena barang-barang flea market mereka BAGUS-BAGUS, MURAH-MURAH, tapi TERSELUBUNG hahaha
5. Kalau mau makan murah, di mataram banyak. cari aja di sekitar universitas-universitas hehehe.. tapi jangan takut kok soal makanan  bagi yang muslim :) Mayoritas penduduk lombok adalah muslim.
6. Buat yang muslim, kalian bisa menikmati keindahan mesjid-mesjid disana (bahkan yang di desa di pelosok-pelosok).. Lombok dijuluki sebagai Pulau Seribu Mesjid :)
7. Yang mau ke rinjani, rugi kalo cuma ngunjungin gunung itu cuma sekali. DATANG LAGI! Sesungguhnya pemandangan di rinjani adalah pemandangan paling indah yang pernah saya saksikan seumur hidup saya, Subhanallah.
8. JANGAN TAKUT tapi juga JANGAN BODOH. JANGAN MALU BERTANYA pada penduduk lokal :)
So, tunggu apa lagi? Ayo ke lombok :)

Sumber: -dyahkyaaagustini.blogspot.com/2012/09/travelling-ke-lombok-mahal-bohong.html

Artikel Terkait

Sharekan bagaimana pandanganmu sendiri mengenai artikel di atas..
EmoticonEmoticon