Simsalabim :: Cara Cepat Transfer File antar Hosting .

Permisi temen-temen sekalian, om mimin, momod, dan mastah sekalian,, Newbie sekedar ingin nabung ingetan sekaligus kali aja ada manfaat bagi temen-temen sekalian. Kalaupun ada sesuatu yang kurang berkenan menurut rule yang ada dari tulisan ini, mohon dibantu di delete note saya ini.

Pada kesempatan kali ini, tema yang mau saya share adalah Simsalabim :: Cara Cepat Transfer File antar Hosting .

General review, saya sedang ingin pindah hosting. Wah dalah, setelah saya periksa, file ane di hostingan lama itu sebesar 600 MB nan. Bagi temen-temen yang punya koneksi supercepat, pasti nggak maslaah kalau musti download segala file yang ada di public html untuk nantinya dipasangkan di hostingan baru. Lah, bagi saya yang koneksinya sekedar paket socialitanya speedy, jelas mendownload 600 MB menjadi persoalan tersendiri sebab lamanya dan kadang nggak beres di downloadnya atau semisal terjadi file corrupt .

Nah, saya kemudian berpikir, ada kah cara memindahkan file yang lumayan besar gitu tanpa repot-repot nunggu download, juga harus upload lagi yang benar-benar menguras kecepatan paket internet kita? adakah cara agar satu hosting ke hosting lainnya bak mindah file saja dari folder satu ke folder lain bak kita pindah file satu partisi daari folder satu ke folder lain melalui windows eksplorer? udah gitu, caranya mudah nggak makai banyak script aneh yang bikin keriting rambut newbie seperti saya.

Akhirnya, atas kebaikan seorang mastah [belum dikasih tau IDnya yang disini, taunya di FBnya aja] bisa menshare script ringkes yang work sangat keren. Bayangkan, transfer langsung antar hosting file saya sebesar 600 MBnan nggak sampai 30 detik. Subhanallah,, sangat cepat.

Gimana metodenya?

Berikut akan saya sharekan. Namun saya anggap temen-temen sudah memahami penggunaan area file manager pada cpanel hosting masing-masing. Sebelumnya dua cpanel hosting yang mau ditransfer harus dibuka bersamaan [agar mudah pengaturannya saja]. agar memudahkan diskusi, saya akan gunakan beberapa istilah seperti alamathostinglama.com (alamat URL utama hosting  lama), alamathostingbaru.com (alamat URL utama hosting baru/ yang dijadikan tujuan pindah), fileyangmaudipindah.zip (hasil zip segala folder atau file wordpress yang ada di hostingan), dan simsalabim.php (script php yang harus dibuat sebagai perintah memindah file antar hosting).

1. BUka file manager di dua cpanel di alamathostinglama.com dan alamathostingbaru.com pada satu browser (saat praktek saya gunakan crome). Compress dalam bentuk zip semua file yang mau ditransfer di alamathostinglama.com. Agar memudahkan proses belajar, please hasil zipnya dikasih nama fileyangmaudipindah.zip (atau yang penting anda ingat).

2. Sekarang buka notepad ++ milik anda, new file >> masukan 
<?php
$foo = system('wget hxxp://alamathostinglama.com/fileyangmaudipindah.zip ~',$output);
?>
 Lalu, save dengan extensi .php dengan nama simsalabim.php. (catatan: rubah hxxp dengan http)

3. Upload simsalabim.php ke area public html di alamathostingbaru.com. Sehingga nantinya bisa kita akses dengan mengetikkan perintah alamathostingbaru.com/simsalabim.php pada browser yang anda gunakan.

4.Jika proses fileyangmaudipindah.zip sudah ready, dua area public html sudah terbuka, mari kita coba memindahkan file wordpress atau file apapun yang kita masukan ke compresan fileyangmaudipindah.zip. Caranya anda buka tab di browser yang sama, lalu masukan perintah alamathostingbaru.com/simsalabim.php Kalau benar, pada crome memproses dengan muncul muter muter kecil di area tab browser yang kita gunakan mengetik perintah. Misal proses / muter-muter sudah selesai, itu artinya fileyangmaudipindah.zip itu  sudah dipindah ke public html di hostingan yang baru.

5.Untuk memastikan apakah sudah terpindah fileyangmaudipindah.zip-nya, refreshlah area hosting baru dengan menekan tombol GO yang ada pada area filemanager hostingan baru. Scroll ke bawah pada area file yang ada dikolom kanan, biasanya sudah ada filenya disitu.

Oke gan, misal itu prosesnya pindah hosting. Silakan dilanjutkan dengan membuat databases, import databases baru dengan database dihostingan lama, menkonfigurasikan wp-confignya secara teliti di filemanager dan pastikan terhubung ke database yang tepat.. :).. makasih, semoga bermanfaat.

Salam blogger muda indonesia

Artikel Terkait

Seorang Blogger yang senang berbagi, bercerita, menyejarah melalui tulisan. Follow G + ku ya di sini.

5 Komentar

saya pernah pengalaman spt ini, lama bgt mo pindah file sebesar 300 mb- ampe 6 jam. Mau coba tipsnya gan, semoga aja berhasil n thanks udah dishare

wow perlu dicoba nih makasih bro tuorialnya...

Warning: system() has been disabled for security reasons in /home/rwtlnplv/public_html/bu/a.php on line 2

hosting servernya harus diganti dulu ga gan?

Sharekan bagaimana pandanganmu sendiri mengenai artikel di atas..
EmoticonEmoticon