Khasiat Asam Lemak Omega 3 Minyak Ikan

Peran Penting Omega 3 Bagi Kesehatan - Terkadang kita kurang memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi setiap hari, bisa karena berbagai faktor, karena kurang perhatian ataupun tidak tahu informasi. Salah satu jenis asam lemak yang sangat diperlukan oleh tubuh kita yaitu Asam lemak Omega 3. Omega 3 sangat banyak manfaatnya bagi tubuh manusia, dimulai dari bayi dalam kandungan sampai dengan usia lanjut.

Omega 3 banyak terkandung dalam ikan. Banyak studi klinis menunjukkan bahwa konsumsi ikan yang mengandung kadar omega 3 tinggi dapat membantu menjaga tekanan darah pada tingkat normal pada orang hipertensi. Banyak studi merekomendasikan untuk mengkonsumsi tiga gram minyak ikan setiap hari untuk menurunkan tekanan darah pada pasien hipertensi yang tidak terawat. Studi klinis juga menunjukkan bahwa sejak asam lemak omega 3 mampu mengurangi inflamasi, maka omega 3 mampu membantu mengurangi simptom dari rheumatoid arthritis. Omega 3 juga mampu membantu mengurangi gejala dari osteoarthritis. Beberapa studi juga menunjukkan adanya keterkaitan kuat antara omega 3 dengan penurunan berat badan.

Dengan seluruh manfaat tersebut, tidak heran bila semakin banyak bermunculan produk yang diformulasikan dengan asam lemak omega 3. Sebelum memilih kapsul omega 3 atau suplemen, sangatlah penting untuk berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan karena terdapat efek samping yang mungkin timbul akibat konsumsi omega 3 yang berlebihan. Salah satu efek samping dari omega 3 ialah peningkatan resiko terjadinya pendarahan. Untuk orang dewasa yang tidak memiliki gangguan jantung, the American Heart Association menganjurkan untuk mengkonsumsi ikan dua atau tiga kali per minggu.


Kebanyakan orang tua tidak menyadari adanya hubungan antara anak dengan Omega 3. Asam lemak tersebut merupakan zat yang penting bagi pertumbuhan dan perkembangan anak. Zat tersebut mampu memberikan kontribusi bagi pertumbuhan dan perkembangan anak. Otak membutuhkan asam lemak tersebut terutama selama masa perkembangan. Sayangnya kebanyakan anak di Amerika tidak memperoleh Omega3 yang cukup dalam makanannya.

Kabar baik bagi orang tua ialah bahwa suplemen Omega 3 sekarang telah tersedia di pasaran. Sekarang ini banyak terdapat Omega3 dalam berbagai merek di luar sana. Masalahnya sekarang ini ialah bukan bagaimana cara menemukan suplemen tersebut, tapi bagaimana memilih suplemen yang terbaik. Selain suplemen, ada berbagai bahan makanan yang mengandung Omega 3 tinggi.

Bahan makanan tersebut dapat anda campurkan dalam makanan tanpa disadari oleh anak anda. Sangatlah penting bagi orang tua untuk memberi makanan sehat bagi anak mereka. Kebanyakan orang tua sekarang ini membiarkan anak mereka makan junk food sebanyak yang mereka mau. Kebanyakan anak bahkan hanya makan makanan fast food dan tidak memakan makanan lainnya. Tidak heran apabila sekarang ini lebih banyak terdapat anak yang mengalami kegemukan dan tidak sehat dibandingkan di masa lampau.

Orang tua harus lebih memperhatikan adanya hubungan antara anak dengan Omega 3. Asam lemak tersebut tidaklah sulit untuk diperoleh. Menggunakan minyak ikan atau minyak biji-bijian merupakan langkah awal yang baik. Minyak ikan lebih baik dari minyak biji-bijian karena meskipun minyak biji-bijian memiliki kandungan omega 3 yang lebih tinggi, tapi tidak dapat diubah di dalam tubuh. Proses pencernaan Omega 3 tersebut tidak terjadi setiap saat.

Tidak seperti minyak ikan yang telah mengandung asam lemak tersebut dan siap digunakan bagi tubuh. DHA dan EPA merupakan dua asam lemak penting dari Omega 3. Asam lemak tersebut sangatlah penting bagi perkembangan otak. Kenyataannya dari 60% lemak dalam jaringan otak, setengahnya merupakan DHA. Fakta inilah yang mendukung fakta bahwa asam lemak sangatlah penting bagi perkembangan otak yang optimal.

Omega 3 juga mempunyai peran yang sangat penting dalam meningkatkan imunitas tubuh dan menghambat terjadinya kanker. Selain itu, omega 3 dapat menurunkan resiko penyakit jantung koroner hingga 50%, menurunkan kadar tligliserida darah, menekan kolesterol jahat (LDL) serta meningkatkan kolesterol baik (HDL), sehingga mengurangi terjadinya resiko hipertensi dan aterosklerosis/ penyempitan pembuluh darah yang menjadi pemicu timbulnya penyakit jantung koroner dan serangan stroke.

Kandungan omega 3 banyak terdapat pada bahan pangan hewani dan nabati laut seperti ikan lemuru, tuna, tongkol, sidat, terubuk, tengiri, kembung, layang, bawal, seren, slengseng, cakalang, kerang, cod, rumput laut, ganggang laut dan sebagainya. Berdasarkan data dari Lembaga Gizi Departemen Kesehatan RI, kandungan omega-3 dalam bahan pangan tersebut rata-rata mencapai 10,9 gram / 100 gram. Sedangkan bahan pangan lainnya yang kaya dengan kandungan omega 3 antara lain minyak nabati serta sayuran hijau.

Mau beli minyak ikan? Kami JUAL OMEGA 3 IKAN SALMON  << klik Aja

Artikel Terkait

Seorang Blogger yang senang berbagi, bercerita, menyejarah melalui tulisan. Follow G + ku ya di sini.

Sharekan bagaimana pandanganmu sendiri mengenai artikel di atas..
EmoticonEmoticon