Lima Makanan Penghilang Lelah

Makanan Penghilang Lelah - Kerjaan yang menumpuk atau usai lembur kerap membuat kita tidak bersemangat bekerja sok hari. Tak jarang kita pun juga suka menguap di sela-sela jam kantor. Jika tak mau berat bada bertambah sebaiknya hindari mengemil, dan kalau mau kesehatan terjaga Anda juga harus menghindari kopi. Bingung? Selesaikan semuanya dengan makanann bernutrisi di bawah ini:

Probiotik


Mungkin sakit perut dan kelelahan seperti tak berhubungan. Namun, bagi penderita Sindrom Kelelahan Kronis atau Chronic Fatigue Syndrome (CFS), kedua hal ini memiliki hubungan yang kuat. CFS disebabkan oleh ketidakseimbangan antara bakteri jahat dan baik dalam sistem pencernaan.

Oleh karena itu, beberapa peneliti asal Swedia mencoba memberikan yoghurt yang kaya akan bakteri baik bernama probiotik pada 15 penderita CFS. Hasilnya? Setelah rutin mengonsumsi yogurt sebanyak 194 gram 2 kali per hari selama 4 minggu, 14 dari 15 orang itu tidak cepat merasa lelah dan lebih sehat secara fisik dan mental. Jadi, tunggu apalagi? Tidak ada salahnya mencoba mengonsumsi makanan ini secara teratur mulai sekarang.

Karbohidrat kompleks

Buat Anda yang sedang menjalani program diet pasti menghindari karbohidrat. Namun, tak selalu nutrisi sehat ini harus dihindari. Tak dapat disangkal karbohidrat memiliki peranan penting dalam menambah energi.

Jika Anda termasuk salah satunya, Anda dapat mengkonsumsi hidangan yang terbuat dari gandum sperti biskuit gandum. atau roti gandum.Dengan demikian, tubuh akan mencerna dan melepaskan karbohidrat komplek secara lebih lambat.Gula dalam darah pun akan menjadi lebih stabil. Mudah bukan?

Lemak jenuh Omega 3


Makanan yang satu ini merupakan makanan wajib bagi Anda yang sering mengalami lelah. Para peneliti asal Belgia menemukan bahwa mereka yang menderita CFS memiliki level Omega-3 yang rendah dalam tubuh. Kabar baiknya, walnut memiliki kandungan omega 3 yang dibutuhkan. American Journal of Clinical Nutrition menyatakan dengan mengonsumsi 28 gram walnut per hari Anda dapat mengurangi gejala depresi yang biasanya terjadi pada penderita CFS.

Polifenol

Pilihan dark chocolate sebagai penganan ringan ternyata dapat mengurangi rasa lelah yang berlebihan. Hal ini disebabkan karena kandungn polifenol di dalamnya dapat mendongkrak pertambahan hormon serotonin dalam otak. Serotonin merupakan hormon yang berfungsi menyalurkan rasa bahagia. Kapan lagi bisa menjauhkan si lelah dan mendekatkan rasa bahagia?

Makanan mengandung Air


Cuaca panas, berkeringat akan membuat tubuh banyak mengeluarkan cairan dan dehidrasi. Ini juga memicu rasa lelah pada tubuh. Gigitan buah-buahan segar dengan kandungan air tinggi akan mengembalikan stamina. Seperti semangka, selain terhindar dari rasa lelah, semangka pun memiliki kandungan vitamin dan mineral yang dibutuhkan badan.

Artikel Terkait

Seorang Blogger yang senang berbagi, bercerita, menyejarah melalui tulisan. Follow G + ku ya di sini.

Sharekan bagaimana pandanganmu sendiri mengenai artikel di atas..
EmoticonEmoticon