Pengertian dan manfaat omega 3 Ikan Salmon

PENJUAL OMEGA 3 IKAN SALMON DI SINI

Apa Omega 3 itu

Omega 3, mungkin anda sering mendengar kata omega3 ini baik diiklan susu anak-anak maupun jenis makanan lainnya. Omega 3 ternyata mempunyai peranan cukup penting dalam memelihara kesehatan dan mencegah berbagai penyakit. Bahkan dari penelitian menunjukan bahwa Omega 3 mempunyai peranan sejak bayi dalam kandungan ibunya, karena Omega 3 diperlukan dalam proses pertumbuhan sel-sel otak dan kecerdasan anak.  Sebelum lebih jauh mengenai Omega 3, alangkah baiknya kita mengetahui dahulu apa Omega 3 itu.

Pengertian Omega 3

Pengertian Omega 3 berasal dari kata Omega. Omega berasal dari bahasa Latin yang mempunyai arti “ujung netral” atau “terakhir”. Dalam struktur kimia organik, apabila letak atau posisi ikatan rangkap berada pada atom karbon ketiga terhitung dari gugus metil, asam lemak itu dinamai omega 3. Omega 3 merupakan asam polyunsaturated atau asam lemak esensial atau asam lemak baik  yang berguna untuk menjaga kesehatan jantung, otak dan organ tubuh lainnya.

Tetapi Asam Lemak Omega 3 ini merupakan Asam Lemak Esensial ini tidak dapat diproduksi oleh tubuh manusia itu sendiri. Sehingga untuk mencukupi kebutuhan asam lemak esensial ini manusia harus mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung Omega3.

Asam Lemak Omega 3 terbentuk dari 3 komponen utama:

  • ALA (Alpha) Linolenic Acid, berfungsi untuk meningkatkan kesehatan tubuh dengan meningkatkan pembentukan membran sel di dalam tubuh.
  • EPA (Eicosapentaenoic Acid), berfungsi menjaga dari serangan jantung, meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL), menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL), menurunkan kadar trigliserida darah serta menstabilkan tekanan darah. EPA ini mengurangi inflamasi dan gumpalan darah dalam sistem pembuluh darah jantung. Uji klinis menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi makanan yang kaya akan EPA cenderung lebih jarang menderita kasus radang sendi, radang usus, lupus, asma, multiple sclerosis dan penyakit kulit
  • DHA (Docosahexaenoic Acid), berfungsi meningkatkan kerja saraf, jaringan mata, kecerdasan otak dan daya ingat serta menghambat kepikunan.

Sumber Omega 3

Berikut ini beberapa sumber penghasil Omega 3 diantaranya adalah :
a. Omega 3 dari Jenis ikan
Ikan ini merupakan sumber omega-3 terbaik yang bisa Anda pilih. Ikan kaya akan omega-3 tetapi rendah omega-6. Sumber Omega 3 yang berasal dari ikan yang bisa anda Konsumsi diantaranya yaitu ikan salmon, ikan tuna, ikan tenggiri.
b. Omega 3 dari Binatang berkulit keras
Diantara binatang penghasil omega 3 yang berkulit keras yaitu Udang, kerang, serta kepiting.
c. Kacang-kacangan dan biji-bijian
Kacang-kacangan dan biji-bijian juga salah satu sumber Omega 3 nabati, beberapa jenis kacang polong merupakan pilihan yang lebih bagus dibandingkan jenis lainnya.
d. Sayuran
Sumber Omega 3 yang berasal dari nabati juga berasal dari jenis-jenis sayuran diantaranya Bayam, Labu dan brokoli. Bayam selain kaya akan zat besi juga kaya omega-3.
e. Buah-buahan
Sumber Omega 3 juga terdapat di buah-buahan diantaranya labu dan pepaya.
f. Minyak Ikan
Minyak ikan sangat dipercaya sebagai sumber omega 3 terbesar. Kenapa minyak ikan sebagai pilihan sehat dalam memenuhi kebutuhan omega 3 Anda? Karena minyak ikan mengandung asam eicosapentaenoic (EPA) dan asam docosahexanoic (DHA). Kedua asam lemak esensial tersebut merupakan dua bentuk dari asam lemak omega 3 yang sangat diperlukan tubuh. Beberapa jenis ikan yang direkomendasikan tuna, makarel, trout, sarden, anchovies, dan salmon.

Manfaat Omega 3

Omega 3 sangat banyak manfaatnya bagi manusia, berikut ini diantara manfaat Omega 3 dari sekian banyak manfaat yang ada :
  • Omega 3 mampu membantu menghindari terjadinya kanker dan  mencegah munculnya kanker. Hasil penelitian para ahli menunjukkan bahwa Omega3 mampu menurunkan resiko terjadinya kanker prostat dan kanker payudara.
  • Omega 3 menurunkan resiko terjadinya penyakit jantung – Suplemen minyak ikan dengan kandungan minimal 900mg minyak ikan dianjurkan bagi orang dengan penyakit jantung. Banyak studi menunjukkan bahwa makanan dengan kandungan Omega 3 yang tinggi dapat membantu menurunkan tingkat kolesterol sehingga menurunkan kemungkinan terjadinya gangguan jantung.
  • Omega3 mampu meningkatkan Daya Ingat, mencegah kepikunan, meningkatkan kecerdasan, Memperlancar sel otak, Mencegah penyusutan Otak, Meningkatkan Kemampuan Berpikir, Mengurangi Stress dan Depresi.
  • Omega3  mampu meningkatkan fungsi mental, meningkatkan daya ingat dan membantu proses belajar. Omega3 menjadi salah satu suplemen terbaik bagi perkembangan otak anak. Dan dari beberapa penelitian menunjukkan bahwa ibu hamil yang mengkonsumsi suplemen Omega3 dapat meningkatkan IQ bayi yang dikandungnya.
  • Omega3 membantu mengurangi depresi – Riset menunjukkan bahwa beberapa gangguan depresi terkait dengan defisiensi Omega 3. Asam lemak tersebut dapat membantu mengurangi terjadinya gangguan mood dan beberapa kasus depresi.
  • Omega3 membantu menghindari Penyakit Alzheimer – Karena Omega3 telah terbukti mampu membantu meningkatkan fungsi otak dan memori, minyak ikan dan sumber suplemen lainnya membantu menjaga sistem saraf dalam tubuh manusia dan membantu mencegah terjadinya penyakit yang berhubungan dengan daya ingat seperti Alzheimer.
  • Omega 3 membantu mencegah alergi, baik alergi makanan, alergi kulit, alergi udara termasuk didalamnya Asma
  • Omega 3 membantu meningkatkan kesehatan kulit dan rambut, mengurangi gangguan kulit dan melindungi kulit dari sinar ultraviolet
  • Omega 3 mempunyai peran yang penting dan sangat dibutuhkan pada saat balita sampai usia lanjut. Bahkan seorang ibu hamil sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang kaya dengan omega 3 untuk perkembangan otak janin yang sedang dikandungnya.
  • Omega 3 berperan penting pada masa janin sampai balita, omega 3 berfungsi untuk proses pertumbuhan dan perkembangan otak, sehingga asupan omega 3 mempunyai peran yang sangat penting bagi kecerdasan anak pada masa selanjutnya.
  • Omega 3 masih banyak manfaat yang lain bagi tubuh manusia, Anda barangkali bisa mencari referensi dari berbagai sumber ilmu kesehatan dan makanan. Karena Omega tiga selain untuk perkembangan kesehatan tubuh juga mencegah dan mengobati berbagai penyakit degeneratif. Semoga bermanfaat.

Manfaat Omega 3 terhadap Penderita Osteoarthritis

Sebelum menjelaskan manfaat Omega 3 terhadap penderita Osteoarthritis, maka alangkah lebih baik kita tahu terlebih dahulu pengertian Osteoarthritis.

Osteoarthritis dikenal juga sebagai artritis degeneratif atau penyakit degeneratif sendi adalah kondisi di mana sendi terasa nyeri akibat inflamasi ringan yang timbul karena gesekan ujung-ujung tulang penyusun sendi.  Penyakit sendi menahun ini ditandai dengan kemunduran tulang rawan (kartilago) sendi dan tulang-tulang di dekatnya, sehingga penderita merasakan nyeri sendi dan kekauan pada tulang. Penyakit ini bisa dimulai dari gejala sederhana seperti nyeri pada lutut ketika bangun dari jongkok atau naik tangga. Secara medis kondisi kolagen dalam tulang rawan berkurang dan juga molekul-molekul penyusunnya. Jadi ketahuilah lebih dini bila Anda memiliki gejala osteoarthritis.

Omega 3 ternyata sangat bermanfaat bagi penderita Osteoarthritis. Salah satu penelitian dari University of Bristol, telah melakukan uji coba Omega3 pada tikus penderita osteoarthritis. Tikus tersebut diberi makanan yang kaya akan Omega3 dan penyakitnya berkurang 50% dibandingkan dengan diberikan makanan standar. Jadi Omega 3 mampu mengurangi dan bahkan menyembuhkan penderita osteoarthritis. Omega 3 mempengaruhi proses biokimia penyakit  sehingga tidak hanya akan membantu mencegah penyakit, tetapi juga memperlambat perkembangannya.

Artikel Terkait

Seorang Blogger yang senang berbagi, bercerita, menyejarah melalui tulisan. Follow G + ku ya di sini.

2 Komentar

Sharekan bagaimana pandanganmu sendiri mengenai artikel di atas..
EmoticonEmoticon