Visi Seorang Pemimpin Tanadi Santoso

Menurut Tom Peters, setiap pemimpin mempunyai gaya dan bentuk kepemimpinan yang berbeda. Tiga hal yang selalu menjadi tugas utama pemimpin tidaklah selalu dapat dijalankan dengan sempurna semuanya oleh semua pemimpin. Ketiga hal ini menentukan kesuksesan pemimpin:

1. Visionary. Pemimpin yang hebat mampu memberikan inspirasi kepada bawahan
nya untuk menjadi sukses dan besar. Harapan, optimisme, dan mimpi yang digariskan dengan keyakinan menjadi visi untuk mencapai sukses bersama. Tugas utama Visionary adalah memberi arahan dan harapan kepada semua bawahannya.

2. Talent Developer. Pemimpin yang hebat mampu menciptakan anak buah yang hebat pula.Tidak mungkin orang dapat sukses hanya dengan bekerja sendiri. Semakin besar sebuah perusahaan, semakin perlu kemampuan pimpinan untuk menciptakan anak buah yang mampu bekerja maksimal. Tugas pemimpin adalah membuat setiap bawahannya bekerja sebaik baiknya dengan segala kemampuan yang ada.

3. Profit Mechanic. Menciptakan laba; pemimpin harus mampu membuat keuntungan dalam operasional perusahaan. Tanpa profit, bisnis akan mati. Tugas pimpinan mengatur supaya terjadi laba yang sesuai dengan harapan. Efisien, efektip, dan tepat kerja.

Karena pengembangan bisnis sebenarnya hanyalah berisi 3 hal: Inspirasi, ide, mimpi (Vision), Manusia (Talent) dan Uang (Profit).

Inilah ketiga hal kunci bisnis. Idealnya semua pimpinan punya ketiga hal tersebut, tetapi biasanya pemimpin punya kecendurungan hanya ke salah satu dari ketiga hal diatas. Hal ini cukup umum, walau idealnya pemimpin itu tetap awas dan mengembangkan kedua hal lainnya.

Artikel Terkait

Seorang Blogger yang senang berbagi, bercerita, menyejarah melalui tulisan. Follow G + ku ya di sini.

Sharekan bagaimana pandanganmu sendiri mengenai artikel di atas..
EmoticonEmoticon